Kategori e-Learning

Dari beberapa sumber yang saya baca, ternyata e-Learning dapat dikategorikan menjadi beberapa kategori mulai dari kategori dasar hingga mahir sebagai berikut:

  1. Knowledge Database – Basisdata merupakan format dasar umum dari perangkat e-Learning. Basisdata menyimpan semua data-data materi, digunakan sebagai sumber data pada saat pengguna melakukan pencarian data. Form pada Knowledge Database mirip dengan form pada mesin pencari (search engine). Pengguna memasukkan kata kunci (keyword) atau ungkapan (phrase) tertentu untuk memulai pencarian. Cara lain adalah dengan memilih dari daftar menu yang tersedia.     
  2. Knowledge Database

  3. Online Support – merupakan salah satu form e-Learning yang fungsinya mirip dengan Knowledge Database. Kelebihannya form ini lebih interaktif dan menawarkan kesempatan kepada pengguna untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang lebih spesifik dan jawaban bisa diterima dengan cepat. Menu-menu yang terdapat pada form ini, diantaranya: forum, chat rooms, bulletin, email, instant messaging. Online Support
  4. Asynchronous training – kategori ini mirip dengan metode tradisional namun menggunakan format CD, atau jaringan. Dalam form ini tersedia akses ke pengajar melalui online-bulletin, online-discussion, atau email.    Asynchronous training
  5. Synchronous training – cara ini memungkinkan murid-murid dan pengajar untuk saling  berkomunikasi secara langsung (real-time) dalam waktu bersamaan. Cara ini dilakukan via internet, website, audio- atau video-conferencing.

Semoga bermanfaat, kalau ada masukan…silahkan ditambahin ya🙂

2 Komentar (+add yours?)

  1. Amie
    Apr 24, 2008 @ 09:59:47

    haloo, salam kenal
    tambahin ama e-learning untuk anak2 dunk?
    makasih yah

    Balas

  2. aftaryan
    Apr 24, 2008 @ 12:25:10

    ada kok, bisa di liat di halaman rumpunmedia tuh…thanks

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: