Sekilas Tentang Tipografi

tipografi

Secara disiplin ilmu, tipografi (typography) merupakan sebuah disiplin seni tentang pengetahuan mengenai huruf. Sedangkan pengertian tipografi menurut buku Manuale Typographicum adalah merupakan seni memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan khusus, sehingga akan menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Bila ditinjau dari grand design pada tipografi, maka pendekatan terhadap permasalahan tipografi dapat dibedakan menjadi tipografi mikro dan tipografi makro:

a. Tipografi mikro, menyangkut tampilan visual rancangan huruf secara mendasar, seperti desain tata letak serta eksekusi-eksekusi visual yang terdiri dari perhitungan besar huruf, leading, dan kerning.

b. Tipografi makro, lebih menyangkut kepada pengintegrasian permasalahan strategi kreatif dari konsep desain, filosofi, kaitan huruf dengan sejarah, sasaran khalayak, serta penggunaan huruf sebagai sebuah solusi komunikasi.

Tipografi saat ini mengalami perkembangan dari fase penciptaan dengan tangan (hand drawn) hingga mengalami komputerisasi. Fase komputerisasi membuat penggunaan tipografi menjadi lebih mudah dan dalam waktu yang lebih cepat dengan jenis pilihan huruf yang ratusan jumlahnya.

Berikut adalah beberapa jenis huruf berdasarkan klasifikasi yang dilakukan oleh James Craig, antara lain sbb:

1. Roman – Ciri dari huruf ini adalah memiliki sirip/kaki/serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Huruf Roman memiliki ketebalan dan ketipisan yang kontras pada garis-garis hurufnya. Kesan yang ditimbulkan adalah klasik, anggun, lemah gemulai dan feminin.

2. Egyptian – Adalah jenis huruf yang memiliki ciri kaki/sirip/serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan adalah kokoh, kuat, kekar dan stabil.

3. Sans Serif – Pengertian San Serif adalah tanpa sirip/serif, jadi huruf jenis ini tidak memiliki sirip pada ujung hurufnya dan memiliki ketebalan huruf yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan oleh huruf jenis ini adalah modern, kontemporer dan efisien.

4. Script – Huruf Script menyerupai goresan tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas atau pensil tajam dan biasanya miring ke kanan. Kesan yang ditimbulkannya adalah sifat pribadi dan akrab.

5. Miscellaneous – Huruf jenis ini merupakan pengembangan dari bentuk-bentuk yang sudah ada. Ditambah hiasan dan ornamen, atau garis-garis dekoratif. Kesan yang dimiliki adalah dekoratif dan ornamental.

Adapun huruf-huruf tersebut memiliki tipe sebagai berikut :

1. Huruf Medium, yaitu huruf yang memiliki atau menggunakan bentuk badan berukuran normal, dimana citra yang ditampilkan memberikan kesan: Biasa, sedang, formal, dan bersih.

2. Huruf Light atau tipis yaitu huruf yang memiliki atau menggunakan bentuk badan berukuran tipis, dimana citra yang ditampilkan memberikan kesan; ringan, riskan, tipis, dan minimal.

3. Huruf Bold atau tebal yaitu huruf yang memiliki atau menggunakan bentuk badan berukuran tebal, dimana citra yang ditampilkan memberikan kesan; berat, berbobot, tebal, dan beban.

4. Huruf Extrabold atau Ekstra Tebal yaitu huruf yang memiliki atau menggunakan bentuk badan berukuran sangat tebal, dimana citra yang ditampilkan memberikan kesan; berat, berbobot, sangat tebal, dan beban.

2 Komentar (+add yours?)

  1. @@@@@@@
    Feb 26, 2009 @ 11:38:09

    fjklklujkhdfdh

    Balas

  2. ali
    Apr 10, 2010 @ 21:44:34

    singkat TAPI berISI, t e r i m a k a s i h

    “sama-sama, semoga bisa menambah referensi”

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: