Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk audio dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk dan gambar, huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya.

DKV juga bisa berupa pengolahan pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya. Pesan dapat berupa informasi produk, jasa atau gagasan yang disampaikan kepada target audience, dalam upaya peningkatan usaha penjualan, peningkatan citra dan publikasi program pemerintah.

Pada prinsipnya DKV adalah perancangan untruk menyampaikan pola pikir dari penyampai pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual yang komunikatif, efektif, efisien, terpola, terpadu, dan estetis. Bentuk visual atau elemen-elemen DKV tersebut adalah gambar atau foto, huruf, warna dan tata letak dalam berbagai media. Media yang digunakan yaitu: media cetak, massa, elektronika maupun audio visual. Efektifitas penyampaian ini dinilai dari mampu tidaknya mengubah sikap positif sasaran.

Metodologi dalam Desain Komunikasi Visual merupakan sebuah proses kreatif desainer baik perorangan ataupun dalam sebuah tim untuk menemukan dan memecahkan masalah (problem solving) sebuah komunikasi visual.

2 Komentar (+add yours?)

  1. chi08
    Nov 21, 2008 @ 22:28:48

    trims infonya membantu sy yg pgn tau ttg dkv.

    [
    sama-sama chi08…senang bisa membantu😀
    salam kenal aja ya
    ]

    Balas

  2. Z
    Des 27, 2008 @ 21:40:41

    😆 :mrgreen:

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: