Pandawa Lima

Pandawa (Panca Pandawa) merupakan sebutan bagi kelima putra Prabu Pandu Dewanata, raja Kerajaan Astina Pura. Dia memiliki dua orang istri, yaitu: Dewi Kuntitalibrata dan Dewi Madrim. Dari pernikahannya dengan Dewi Kunti, ia memiliki 3 orang putra, yaitu: Yudhistira, Bima, dan Arjuna. Sedangkan dengan Dewi Madrim memiliki putra kembar bernama Nakula dan Sadewa.
Kelima putra ini dibesarkan oleh Dewi Kunti, karena Prabu Pandu Dewanata dan Dewi Madrim telah wafat sewaktu mereka semua masih kecil.

—————————————————————————————

YudhistiraYudhistira atau sering disebut juga Puntadewanata adalah Pandawa tertua. Memiliki sifat penyabar, jujur, suka menolong sesama, mencintai orang tua dan melindungi saudara-saudaranya. Ia ahli dalam hal kerohanian, sehingga disebut berdarah putih dan mementingan perdamaian, persatuan dan kesejahteraan bersama. Yudistira dianugrahi senjata pusaka Jamus Kalimasada yang memiliki kekuatan untuk memberikan perlindungan dan petunjuk pada kebenaran dan kesejahteraan. 

—————————————————————————————

Pandawa yang kedua adalah Bima atau Werkodara atau Bratasena. Arti nama Bima adalah setia pada satu sikap. Ia tidak suka berbasa-basi, dan tidak pernah menjilat ludahnya sendiri. Sifatnya jujur, tidak sombong, patuh pada para gurunya, dan juga sangat mencintai ibu dan saudara-saudaranya. Selain memiliki kekuatan yang luarbiasa yaitu mampu membongkar gunung dan menguasai kekuatan angin, kesaktiannya terletak pada Kuku Pancanaka di tangan kanan dan kirinya. Bima adalah perlambang kekuatan dari Panca Pandawa.

—————————————————————————————

Pandawa yang ketiga adalah Arjuna. Wajahnya sangat tampan hingga mempesona hampir semua wanita. Ia juga mahir memanah, ksatria yang cerdik dan pintar, penolong sesama, ahli bertapa, dan ahli dibidang kebudayaan dan kesenian. Arjuna memiliki beberapa nama, diantaranya: Janaka, Pandupura, Kuntadi, dll.

—————————————————————————————

Nakula adalah saudara tua dari pasangan putra kembar Nakula dan Sadewa. Meskipun berbeda ibu dengan saudara yang lain, persaudaran mereka tetap erat. Nakula dikenal juga dengan nama Raden Pinten. Selain sakti, berbudi pekerti luhur, ia juga ahli dalam bidang pertanian.

—————————————————————————————

Walaupun merupakan ksatria termuda dari Panca Pandawa, Sadewa tidak kalah dengan kakak-kakaknya. Ia juga sangat sakti, berbudi pekerti luhur, mencintai orang tua dan sesama, berbeda dengan Nakula yang ahli dalam pertanian maka Sadewa ahli dalam peternakan. Sadewa dikenal juga dengan nama Raden Tangsen.

Nakula dan Sadewa mencerminkan tingkahlaku untuk mencapai kesejahteraan hidup atau kemakmuran hidup.

3 Komentar (+add yours?)

  1. rama
    Mei 04, 2009 @ 10:55:11

    saya pemuda jawa namun belum memiliki ilmu/pengetahuan yg banyak ttg budaya jawa.

    belakangan saya jadi trobsesi untuk mendalami semua pengetahuan ttg jawa…

    maturnuwun nggih mas..

    “sami-sami…saya juga masih belajar mas…soalnya kalo bukan kita, siapa lagi yang mau mempelajarinya he🙂, salam kenal ya…kalo boleh tahu, mas Rama..Jawa mana? siapa tau nanti bisa tuker2an info ttg budaya yang kita ketahui”

    Balas

  2. supri
    Agu 28, 2009 @ 14:15:00

    Matur nuwun banget atas infonya mas Ryan. Mohon kiranya bila ada biografi Para PunoKawan dan gambarnya dikirimi ke saya. Thanks

    “sami-sami mas, untuk biografi Punakawan versi sunda sudah saya tampilkan dengan judul Kenalan dengan para Punakawan, sudah ada di blog saya ini mas. Namun untuk PunoKawan versi jawa saya belum mendapatkan referensinya, insyaAllah kalo sudah dapet saya postingkan & terima kasih atas kunjungannya :)”

    Balas

  3. AKBRAI
    Jan 05, 2010 @ 20:05:51

    ARJUNA DAN YUDISTIRA NYA POTO NYA TERTUKAR

    “hehe iya…wah untung ada yang merhatiin betul neh, makasih… segera saya perbaiki :)”

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: