Pengelolaan e-Learning

Meskipun sistem pembelajaran e-Learning diterapkan melalui perangkat komputer. Namun dalam pengelolaannya e-Learning dipersiapkan dan dikelola oleh sebuah tim. Tim inilah yang bertanggung jawab atas keberlangsungan sebuah sistem e-Learning. Tim tersebut adalah:

1.    Subject Matter Expert (SME), merupakan nara sumber atau ahli materi yang bertugas menentukan isi   materi yang akan disampaikan.

2.    Content Writer (CW), bertugas menyusun materi yang telah ditentukan oleh SME.

3.    Instructional Designer (ID), bertugas membuat storyboard dari materi yang sudah disusun oleh CW.

4.    e-Learning Graphics Specialist (EGS), terdiri dari para desainer grafis, animator, dan ilustrator yang bertugas merancang tampilan modul e-Learning, mengubah materi teks menjadi bentuk grafis, ilustrasi, warna dan animasi yang enak dipandang, efektif dan mudah dipelajari.

5.    Emotion Engineer and IT Specialist, terdiri dari para programmer yang bertugas menyempurnakan dan menambahkan script pada modul, serta memastikan semua soal berfungsi dengan baik. Khusus untuk kategori e-Learning website, para ahli ini bertugas mengelola sistem di website yang mengatur lalu lintas interaksi antara instruktur dengan siswa, antarsiswa dengan siswa lainnya.

6.    Audio Integrator, melakukan pengisian suara/audio sesuai dengan materi yang diberikan SME.

7.    3rd Parties Subcontractor (Knowledge, Assesment, etc), bertugas melakukan pengujian (testing) terhadap hasil.

8.    Ahli bidang Learning Management System (LMS). Mengelola sistem di website yang mengatur lalu lintas interaksi antara insUntuk kategori e-Learnig pada website Dengan begitu, e-Learning merupakan sistem pembelajaran yang lebih dari sekedar sistem pembelajran konvensional di kelas, karena e-Learning ditunjang oleh para ahli di bidangnya masing -masing. Akan tetapi bukan berarti sistem pembelajaran konvensional harus digantikan. Bagaimanapun sistem pembelajaran konvensional lebih utama karena interaksinya melibatkan faktor emosional antara guru (pengajar) dan muridnya. e-Learnig di ciptakan semata-mata untuk menunjang proses pembelajaran agar lebih mudah diakses dimanapun, tanpa terbatas oleh tempat, jarak, dan waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: